BIN Gelar Gebyar Vaksinasi di Sukabumi

0
172
Vaksinasi massal di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (25/11/21).

SUKABUMI, Balejabar.com – Badan Intelegen Negara (BIN), menyelenggarakan kegiatan vaksinasi massal atau Gebyar Vaksinasi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (25/11/21).

Vaksinasi di tiga wilayah di Kabupaten Sukabumi ini antara lain dilaksanakan di SMP PGRI Cikembar, Balai Desa Bojongkembar, Cikembar dan Balai Desa Bojong, Kecamatan Cikembar ini menyasar 2.400 orang warga.

Kabinda Jawa Barat Brigjen Deddy Agus Purwanto mengatakan, masyarakat perlu mempersiapkan diri untuk kembali melaksanakan PPKM Level 3 pada Desember mendatang. Ini mengingat Kabupaten Sukabumi belum mencapai target vaksinasi sebesar 50% seperti yang telah ditargetkan oleh pemerintah.

Brigjen Deddy berpesan agar masyarakat Kabupaten Sukabumi tidak takut divaksin. Dijelaskannya, vaksin itu antibody agar kita bisa terhindar dari Covid-19.

“Jadi, vaksin itu aman. Jika kita peduli terhadap sesama, terhadap lingkungan sekitar dan diri kita sendiri, maka kita tidak perlu takut vaksin,” ujar Deddy.

Dedy menambahakan vaksinasi dilakukan guna kekebalan kelompok atau herd imunity terbentuk, sehingga bisa mengakhiri pandemi.

“Ini merupakan upaya BIN mempercepat cakupan vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal, sebagai antisipasi dan menekan angka penularan Covid-19,” jelas Kabinda Jabar.

Program vaksinasi Covid-19 tersebut juga merupakan akselerasi program tiga juta dosis vaksin per hari. Sehingga, diharapkan target herd immunity atau kekebalan komunal nasional bisa mencapai 70 persen pada akhir 2021.

“Perjuangan masih belum berakhir, ikthiar masih perlu dioptimalkan, dan vaksinasi ini merupakan salah satu ikhtiar kita untuk mengakhiri pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung satu tahun lebih,” kata Dedy.

Meski begitu, Dedy mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah dan abai protokol kesehatan walaupun sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Dedy meminta masyarakat untuk tetap menjalani protokol kesehatan 5M.

“Tetap lakukan protokol kesehatan 5M, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” ucap Dedy.

Selain di Kab Sukabumi, sebelumnya BIN Daerah Jawa Barat juga menggelar vaksinasi di Kp. Cigagak Desa Mandalahaji dan Desa Kecamatan Pacet , Kabupaten Bandung, dengan sasaran 1.700 warga. Sementara di Kabupaten Bogor BIN menyasar 500 warga di Kecamatan Klapanunggal.***

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here