Bang Emok Makin Meresahkan, Hailuki Tawarkan Solusi Multi Subsidi

0
193

BANDUNG – Kepala Badan DPD Partai Demokrat Jawa Barat M Hailuki mengatakan kasus pembunuhan yang disebabkan hutang Bang Emok harus dituntaskan hingga ke akar persoalan.

Fenomena Bank Emok atau rentenir berkedok pinjaman ringan di masyarakat sudah sampai pada level yang membahayakan dimana seorang suami di Banjaran tega membunuh istrinya yang terjebak hutang ke bank emok.

“Kita semua bersama pemda harus menyikapi secara seksama, karena ini akar masalahnya jeratan hutang sehingga berujung pembunuhan,” ujar Hailuki, Minggu (9/7/2023).

Menurut Hailuki yang juga ketua Rumas Aspirasi Imah Rancage ini harus ada solusi nyata untuk bisa membebaskan dan menghindarkan masyarakat dari jeratan Bang Emok.

Upaya mendasar yang harus dilakukan adalah dengan cara pemberian subsidi secara tepat sasaran kepada masyarakat ekonomi lemah.

“Subsidi langsung seperti bansos, PKH dan beasiswa pendidikan harus tepat sasaran agar masyarakat lemah bisa terbantu kebutuhan hidupnya,”

Selain itu, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) baik milik pemda, Bank BUMN maupun swasta harus diarahkan dan dikolaborasikan untuk menjangkau rakyat kecil.

“BPR milik pemerintah maupun swasta bersama Bumdes harus mengambil peran terdepan utk mencegah agar masyarakat tidak jadikan Bank Emok sebagai solusi praktis,” ujar Caleg Partai Demokrat Dapil 1 DPRD Kab. Bandung ini. ***

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here