Raker KONI Kab Bandung: Komitmen Target 100 Medali Emas di Porprov 2026

0
65
Ketua KONI Kab Bandung Yana Suryana

KAB BANDUNG, Balebandung.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung menggelar Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) Tahun 2023, di Ciwidey Valley Resort, Kamis (14/12/2023).

Rakerkab bertema Commit to Champion 100 Gold Medals ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja KONI tahun 2023 sekaligus merancang program kerja KONI tahun 2024. Selain itu juga untuk dapat mengakomodir aspirasi anggota KONI Kabupaten Bandung.

Ketua Koni Kabupaten Bandung Yana Suryana mengatakan, rakerkab yang rutin digelar setiap tahun ini sebagai salah satu tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan.

“Kita patut bersyukur di mana KONI Kabupaten Bandung dengan segala keterbatasannya berkat dukungan semua pihak dan terutama Pemerintah Kabupaten Bandung terutama support dari Bapak Bupati Bandung, bahwa dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun telah dapat melaksanakan tugas-tugas keolahragaan,” kata Yana dalam keterangannya, Rabu (13/12/2023).

Dengan target meraih 100 medali emas untuk kontingen Kabupaten Bandung di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Jawa Barat 2026 di Kota Bogor, Yana mengaku tugas ini sangat berat, namun diterima dengan sikap optimis target tersebut tercapai.

Menurutnya target tersebut bisa tercapai kalau ada kesamaan persepsi sikap dan tanggungjawab tentang tugas yang akan dipikul dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi.

“Untuk itu pimpinan KONI Kabupaten Bandung akan melakukan langkah-langkah strategis dalam menentukan kebijakan dan prioritas sasaran dan target yang harus dicapai pada 2024 dan di Porprov 2026 melalui rancangan program kerja KONI tahun 2024. Dengan demikian pembinaan atlit dapat dilaksanakan secara terarah dan berkesinambungan dari setiap tahun nya,” tandas Yana yang akrab disapa Ustaz Persib ini.

Ustaz Persib menyebut salah satu langkah strategis yang akan dilakukan antara lain dengan meningkatkan kualitas SDM pelatih dan atlet melalui pelatihan, baik mulai dari tingkat lokal hingga internasional (untuk pelatih) dan mengikuti kejuaraan tingkat provinsi hingga kejuaraan internasional (untuk atlet).

“Hasilnya sudah kelihatan sampai saat ini. Ada peningkatan atlet-atlet dan pelatih kita yang lolos Babak Kualifikasi (BK) PON Aceh Sumut 2024 nanti, yang sekarang jumlahnya mencapai 100 lebih. Kalau dulu di PON Papua atlet.dan pelatih kita masih di bawah 100 orang jumlahnya,” ungkap Ustaz Persib bangga.

Sementara Ketua Panitia Rakerkab Koni 2023, Idat Mustari menyatakan kesiapan panitia untuk menggelar raker sudah 100 persen. Rakerkab rencananya akan dihadiri Ketua KONI Jabar M Budiana, Bupati Bandung Dadang Supriatna, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Kawaludin, nara sumber dan tamu undangan lainya terutama dari setiap cabang olahraga.

“Semua sudah siap dan sudah fix untuk pelaksanaan rakerkab ini. Kami berharap raker dapat berjalan lancar, tertib serta menghasilkan rekomendasi dan keputusan-keputusan yang dapat dilaksanakan semua pihak,” ucap Idat.

Lebih lanjut Idat menyebut gambaran prioritas Program Kerja KONI 2024, antara lain; peningkatan kualitas SDM pelatih cabang olahraga; peningkatan dukungan sarana dan prasarana; peningkatan pemeliharaan dan pengamanan atlet, serta peningkatan kualitas kompetisi atlet.***

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here