Tiga Incumbent Tumbang di Jabar I, Fathi Raih Kursi DPR RI

0
63

BANDUNG- Kejutan terjadi di dapil Jabar I DPR RI. Dari alokasi 7 kursi dapil Kota Bandung-Kota Cimahi ini, sejumlah incumbent tumbang. PKS juga kehilangan satu kursi.

Kejutan juga terjadi di Partai Demokrat. Merebut kursi ke-6, Demokrat berhasil mengamankan satu kursi DPR setelah mengoleksi 131.385 suara.

Di internal Caleg Demokrat yang meraih suara tertinggi dicatat Fathi. Dia mengkoleksi 39.048 suara. Capaian itu meloloskan Fathi ke Senayan dari partai berlambang Mercy ini.

Fathi menyisihkan Agung Budi Santoso (ABS) yang sudah tiga periode mewakili Demokrat dari dapil Jabar I. Fathi adalah kader baru. Di bawah nakhoda Anton Sukartono Suratto, Fathi menjabat wakil ketua DPD Partai Demokrat Jabar.

“Alhamdulillah, satu kursi berhasil direbut Demokrat, kursi keenam,” ucap Fathi yang banyak bergelut di industri keuangan ini.

Pertarungan sengit di Jabar I juga menghempaskan PKS yang kehilangan satu kursi. Golkar tampil sebagai juara dengan merebut dua kursi DPR RI.

Lalu, PKB muncul sebagai pendatang baru. Masuknya PKB memakan korban, yakni Nasdem. Muhamad Farhan (Nasdem) terlempar dan gigit jari. Kehilangan kursi.

Saat pleno KPU Jabar pada Sabtu malam (9/3/2024), interupsi datang dari saksi Nasdem. Nasdem mengaku ada ketidaksesuaian raihan suara sehingga kursinya lepas.

Walau alot, pleno penetapan suara tetap berakhir tanpa perubahan berarti. Berikut komposisi lengkap raihan kursi DPR dari dapil Jabar I. Golkar dua kursi, PKS, Gerindra, PKB, dan Demokrat masing-masing satu kursi. Hanya tiga incumbent yang bertahan. Yaitu Nurul Arifin (Golkar), Nico Siahaan (PDIP), dan Lidia Hanifa (PKS).

Sementara empat pendatang baru adalah Atalia Praratya (Golkar), Melly Goeslaw (Gerindra), Habib Syarif Muhammad (PKB), dan Fathi dari Demokrat.

Kejutan juga dicapai Atalia Praratya. Istri mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ini tampil dengan suara terbanyak. Yakni tembus 230 ribu. (adb/03)

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here