Pesona & Populer Saja Tak Cukup. Inilah 24 Caleg Terpilih dari Artis

0
55

BANDUNG– Lebih 200 artis terdaftar sebagai caleg. Mayoritas caleg DPR. Tapi ada juga yang terdaftar sebagai caleg DPRD Provinsi atau caleg DPRD kabupaten/kota.

Ternyata, terkenal bukan jaminan bisa terpilih. Followers jutaan di media sosial juga bukan jalan mulus menang di Pemilu. Buktinya, hanya sekitar 24 orang saja caleg berlatar artis yang terpilih pada Pemilu 2024.

PAN paling banyak meloloskan kader berlatar artis. Yakni enam orang. Mereka adalah Desy Ratnasari, Eko Patrio, Uya Kuya, Pasha Ungu, Varrel Bramasta, dan Primus Yustisio.

Dari 48 kursi yang diprediksi akan diraih PAN di Senayan, 12,5 persen diisi para pesohor tersebut. Ada yang komedian, penyanyi, bintang film, artis sinetron, foto model, dan host TV.

Saking banyaknya artis yang maju jadi caleg lewat PAN, partai yang awalnya dibidani Amien Rais dan tokoh Muhammadiyah itu sering diplesetkan jadi “Partai Artis Nasional”.

Setelah PAN, lebih dari 20 artis juga tercatat maju sebagai caleg dari PDIP. Tapi hanya lima orang yang lolos. Mereka adalah Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Once Mekel, Denny Cagur, dan Nico Siahaan.

Urutan ketiga partai yang meloloskan banyak artis adalah Gerindra. Tercatat empat lolos ke Senayan. Mereka adalah pasangan suami-isteri Ahmad Dhani-Mulan Jameela. Lalu, Melly Goeslaw dan Rachel Maryam.

PKB juga banyak diminati artis. Tapi hanya tiga Caleg yang menang. Mereka adalah Tommy Kurniawan, Arzetti Bilbina, dan Iyeth Bustami.

Lebih 10 artis juga maju jadi caleg dari Partai Nasdem. Tapi cuman dua yang bisa nikmati posisi sebagai legislator. Yaitu Nafa Urbach di DPR RI dan Lucky Hakim sebagai caleg terpilih DPRD Provinsi Jawa Barat.

Dari delapan partai yang lolos ke Senayan, Partai Demokrat paling sedikit yang dilamar artis. Hanya empat caleg berlatar artis. Dua lolos, yaitu Dede Yusuf dan Dina Lorenza.

Yang luar biasa, Dede Yusuf keluar sebagai juara nasional suara terbanyak Caleg berlatar artis. Mantan wakil gubernur Jabar periode 2008-2013 ini berada di posisi pamuncak.

Dengan lebih 210 ribu suara, Dede Yusuf mengalahkan Rano Karno yang pada Pemilu lima tahun lalu jadi “raja” dengan 270 ribu.

Rano adalah artis paling senior yang lolos ke Senayan. Dia pernah jadi wakil bupati Tangerang, wakil gubernur Banten, dan gubernur Banten. Dede juga menghempaskan Rieke Diah Pitaloka.

Pemilu 2019 suara Rieke “Oneng” mencapai lebih 167 ribu. Sementara, saat itu Dede Yusuf hanya 165 ribuan. Kali ini, Dede Yusuf merebut “mahkota” juara.

Berikut rekap suara nasional KPU, Caleg terpilih DPR RI dari latar belakang artis:

  1. Dede Yusuf/Demokrat/Jabar: 210 ribu
  2. Ashraff Abu/Golkar/Jateng X: 177 ribu
  3. Rano Karno/PDIP/Banten III: 149 ribu
  4. Ahmad Dhani/Gerindra/Jatim I: 134 ribu
  5. Primus Yustisio/PAN/Jabar V;128 ribu
  6. Rachel Maryam/Gerindra/Jabar II: 114
  7. Tomy Kurniawan/PKB/Jabar V: 100 ribu
  8. Varrel Bramasta/PAN/Jabar VII: 94 ribu
  9. Rieke Dyah Pitaloka/PDIP/Jabar VII: 94 ribu
  10. Eko Patrio/PAN/DKI I: 93 ribu
  11. Mulan Jameela/Gerindra/Jabar XI: 83 ribu
  12. Uya Kuya/PAN/DKI II: 81 ribu
  13. Iyeth Bustami/PKB/Riau: 80 ribu
  14. Desy Ratnasari/PAN/Jabar IV: 78 ribu
  15. Melly Goeslaw/Gerindra/Jabar I: 75 ribu
  16. Nafa Urbach/Nasdem/Jateng VI: 75 ribu
  17. Nurul Arifin/Golkar/Jabar I: 63 ribu
  18. Arzetti Bilbina/PKB/Jatim I: 62 ribu
  19. Once Mekel/PDIP/DKI II: 60 ribu
  20. Deny Cagur/PDIP/Jabar II: 58 ribu
  21. Nico Siahaan/PDIP/Jabar I: 56 ribu
  22. Dina Lorenza/Demokrat/Jatim III: 52 ribu
  23. Pasha Ungu/PAN/DKI III: 50 ribu

Caleg terpilih DPRD Provinsi Jawa Barat

  • Lucky Hakim/Nasdem/Jabar 12: 56 ribu

Sejumlah artis beken juga banyak maju jadi Caleg di sejumlah partai lain. Contohnya di PSI, Perindo, PPP, dan Gelora. Tapi sayang partainya tidak lolos parliament threshold 4 persen. (adb/R-03)

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here