Engkus Sutisna Jadi Pj Bupati Ciamis. Inilah Sosoknya

0
95

BANDUNG– Kabupaten Ciamis memiliki nakhoda baru. Hal ini seiring dengan berakhirnya masa jabatan Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra sebagai bupati-wakil bupati periode 2019-2024.

Untuk kelangsungan kepemimpinan Kabupaten Ciamis, Kemendagri telah menunjuk Penjabat (Pj) Bupati. Yang ditunjuk satu sari tiga nama yang diusulkan Pemprov Jabar ke pusat.

Mereka adalah Kadishub Jabar Ir Koswara, Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Dra Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka, dan Engkus Sutisna, ST, staf ahli gubernur bidang pemerintahan, hukum, dan politik.

Sabtu (20/4/2024) ini, pkl 14.00 WIB, Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin akan melantik Pj Bupati Ciamis yang ditunjuk Mendagri Tito Karnavian. Yang dilantik adalah Engkus Sutisna, pejabat eselon II Pemprov Jabar yang juga kelahiran, Desa Kepel, Kecamatan Cisaga, Ciamis.

Engkus Sutisna memulai karier birokrasi di Kabupaten Bogor. Dia pernah jadi sekretaris pribadi Bupati Bogor Agus Utara Effendi yang menjabat dua periode. Lulusan SMA Negeri Banjar ini juga pernah jadi ketua KNPI Kabupaten Bogor.

Lalu, ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor. Engkus Sutisna kemudian pada 2009 masuk ke pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Dimulai di Badan Narkotika Provinsi (BNP), kepala dinas Pemuda dan Olahraga, dan saat ini menjabat staf ahli gubernur.

Engkus Sutisna juga aktif dalan kepengurusan Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat di era kepemimpinan Dede Yusuf. Peraih tanda penghargaan orang dewasa (TPOD) Tunas Melati Gerakan Pramuka ini saat ini tercatat sebagai anggota Dewan Kehormatan di Kwarda Jabar.

Selain Engkus Sutisna, hari ini dilantik juga Pj Walikota Bogor Hery Antasari. Kepala BKPSDM Jabar ini melanjutkan kepemimpinan Bima Arya-Dedie Rachim yang berakhir masa jabatannya pada 20 April 2024. (adb/R-03)

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here