Launching Pilkada, Pj Bupati Ciamis Bunyikan Koltik. Apaan Tuh…?

0
129

CIAMIS– Resmi hitung mundur. Itulah tahapan menuju pemilihan bupati dan wakil bupati Ciamis. Hal itu ditandai dengan launching Pilkada serentak oleh KPU Kabupaten Ciamis pada Sabtu malam (1/6/2024).

“Malam ini tepat 179 hari menuju Pilkada serentak pada 27 November mendatang,” ujar Ketua KPU Kabupaten Ciamis Oong Ramdani.

Launching dihadiri ribuan warga Tatar Galuh yang sekaligus menikmati hiburan dan kulineran. Cuaca cerah menambah suasana makin meriah.

Acara dilaksanakan di pelataran Alun-Alun Ciamis mulai pukul 20.00 WIB. Turut tampil kreasi seni dari Daya Putra Galuh, grup band Masterplan dan Utopia.

Hadir Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna S.T, M.T dan jajaran KPU beserta Bawaslu Kabupaten Ciamis. Unsur Forkopimda juga hadir lengkap. Termasuk Aneu Nursifah, anggota KPU Jawa Barat.

Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna saat memberi sambutan berharap pelaksanaan Pilkada berjalan lancar dan damai. “Mulai besok kita sambut dengan riang gembira tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati,” katanya.

Kepada penyelenggara, yaitu KPU dan Bawaslu, Pj Bupati minta agar taat pada asas pemilu. Yakni luber dan jurdil.

‘Terus jalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua stakeholders. Kami pesankan agar kompak, solid, jaga integritas,’ ungkap asisten gubernur Jabar bidang pemerintahan, hukum, dan HAM ini.

Kepada peserta pilkada, Engkus Sutisna berharap tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Dengan begitu, tercipta pilkada yang damai dan sukses.

Peluncuran pilkada serentak di Kabupaten Ciamis ditandai dengan rilis maskot. Yaitu Cital dan Citul. Kemudian, detik-detik launching ditandai dengan membunyikan Koltik dipimpin Pj Bupati Ciamis.

Koltik atau kolotok leutik adalah alat musik tradisi khas Ciamis yang telah dipatenkan. (adb/R-03)

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here