Pas Hari Lanjut Usia Nasional, Pj Bupati Ciamis Terima Penghargaan Ini

0
69

BANDUNG– Penghargaan kembali diraih Pemda Ciamis. Kali ini terkait dengan Hari Lanjut Usia Nasional 2024. Penghargaan diterima langsung Pj Bupati Ciamis H Engkus Sutisna, ST, MT.

Setiap tanggal 19 Juni diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Untuk tingkat Jawa Barat peringatan dipusatkan di halaman Gedung Sate Bandung, Rabu (19/6/2024).

Dalam acara tersebut hadir Pj Bupati Ciamis sekaligus menerima penghargaan dari Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin. “Ini sebagai bukti komitmen Pemda Ciamis nyaah ka kolot, memperhatikan kesejahteraan warga lansia,” tegas Engkus Sutisna.

Pj Gubernur Bey Triadi Machmudin menjelaskan, kategori lansia adalah orang di atas 60 tahun. Di Jawa Barat tercatat 5,3 juta orang.

Bey mengaku prihatin karena Jabar berada di ranking empat sebagai provinsi dengan lansia yang masih menjadi tulang punggung keluarga. Alias bekerja secara informal seperti berdagang dan buruh.

“Jadi masih banyak lansia yang masih bekerja. Di sektor formal tercatat 20 persen. Sisanya jualan warung dan buruh tani,” tegasnya.

Pemda Ciamis menjadi Kabupaten yang peduli dan berkomitmen tinggi terhadap warga lansia. Atas komitmen itulah Ciamis dapat award HLUN 2024.

“Alhamdulillah saya atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis menerima penghargaan sebagai Kabupaten/Kota yang memiliki komitmen tinggi atas kesejahteraan warga lansia,” tandas Engkus Sutisna yang juga staf ahli gubernur Jabar bidang pemerintahan hukum dan politik ini.

Pemda Ciamis dapat award karena selalu dilaksanakan rangkaian senam lansia. Hal itu berkolaborasi dengan mitra seperti dinas terkait, BUMN, dan swasta.

Ciamis juga punya inovasi Pusbila (Pusat Layanan Kesehatan Bina Keluarga Lansia) mulai dari tingkat desa. Ciamis juga punya sekolah lansia Husnul Khatimah di Kecamatan Panumbangan. Berikutnya, program makanan bagi lansia tunggal yang terdaftar di DTKS Kemensos RI. (adb/R-03)

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here