Sarat Prestasi dan Inovasi, Bupati Kaimana Jadi Narasumber Kuliah Umum IPDN

0
45
Bupati Kaimana Freddy Tie menjadi narasumber kuliah umum, di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor, Kamis (20/6/24). by bale1

JATINANGOR, Balebandung.com – IPDN Kementerian Dalam Negeri menggelar Kuliah Umum bertema “Perkembangan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah di Kabupaten Kaimana serta Berbagai Upaya dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor, Kamis (20/6/2024).

Stadium general digelar dalam rangka pembekalan bagi 1.097 orang Satuan Praja Utama Angkatan XXXI, yang sebentar lagi akan menghadapi prosesi wisuda. 

Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo., M.M mengatakan Praja Utama ini sebentar lagi akan lulus pendidikan dan terjun ke lapangan. Karena itu pihaknya menghadirkan Bupati Kaimana Provinsi Papua Barat, Freddy Thie sebagai keynote speech.

Rektor IPDN berharap dengan Stadium General ini dapat meningkatkan kapasitas dan wawasan di dalam memahami permasalahan di daerah. 

Tentunya dengan memberdayakan segenap potensi yang ada di wilayah serta membangun iklim kondusif dan stabilitas wilayah. Rektor menilai, Bupati Kaimana sebagai narasumber kuliah umum dipilih karena segudang prestasi dan inovasi yang diraihnya.

Pertumbuhan ekonomi di Kaimana tahun 2023 mencapai angka 3,26%. Sedangkan pendapatan perkapitanya di angka Rp44,50 juta. Freddy juga dinilai berhasil menurunkan angka kemiskinan dari angka 16,04% di tahun 2021 menjadi 14,57% pada tahun 2023. 

“Selain itu beliau juga berhasil menurunkan angka stunting di tahun 2023 menjadi 21,1%”, imbuh Hadi Prabowo. 

Tak hanya itu, terobosan yang dilakukan oleh Bupati Kaimana seperti sekolah gratis 12 tahun, bantuan kepada kampung sebesar Rp4 miliar perkampung dan pembangunan air bersih, menjadi alasan mengapa Kabupaten Kaimana mendapat banyak penghargaan. 

“Keberhasilan Bapak Bupati Kaimana dengan segala prestasinya ini semoga menjadi motivasi dan semangat kepada para praja yang sebentar lagi akan lulus kuliah. Semoga bekal ini tentunya dapat dipahami dan dimengerti, sehingga dapat menjadi pengalaman untuk pengabdian kepada masyarakat”, tutur Hadi. 

Menurut Bupati Kaimana Freddy Thie, dari 18 program unggulan Kab. Kaimana ada 4 program yang sangat difokuskan. Antara lain rehab rumah tidak layak huni (rutilahu) Rp4 miliar, penyediaan air bersih, penerangan dan saluran komunikasi. 

“Keempat program ini merupakan kebutuhan dasar dan keinginan masyarakat Kaimana. Tahun ini saja ada 84 kampung di Kaimana dan seluruhnya sudah mendapat program rehab rumah”,  jelas Freddy. 

Freddy juga concern membangun bidang pendidikan. Program prioritasnya antara lain Wajib Belajar 12 tahun secara gratis ditanggung oleh APBD Kab. Kaimana. Ada juga program pendidikan karakter dan anti korupsi, peningkatan mutu pendidikan, bantuan dana pendidikan mahasiswa dan kerjasama perguruan tinggi

Tahun 2023, Kaimana menjadi kabupaten tertinggi untuk nilai pelayanan publiknya yakni 86,22%. Indeks Pembangunan Manusia (IPM)-nya pun mencapai angka 68,31 poin, penurunan penduduk miskin di angka 14,57%, dan penurunan tingkat pengangguran di angka 3,24%. 

Dalam sesi konferensi pers, Freddy menerangkan dalam kuliah umum dirinya memperkenalkan Kaimana dan menjelaskan visi misi serta program-program unggulan yang langsung menyentuh masyarakat. 

Bupati berharap dengan kuliah umum ini, masyarakat semakin mengenal Kaimana, baik sektor pariwisata, produksi rumah ikannya dan sektor-sektor lainnya. 

Bupati Kaimana mengungkapkan kiat dan strategi dalam mengelola Kabupaten Kaimana hingga sampai sejauh ini adalah dengan menggerakkan ASN dan kolaboratif dengan instansi vertikal, sektoral, masyarakat dan dunia usaha, melalui pemetaan potensi, identifikasi, dan solusi permasalahan serta percepatan penanganannya.

“Saya berharap adik-adik praja yang nantinya ditempatkan di daerah masing-masing bisa menjadi contoh dalam pengabdian untuk memajukan daerah yang mereka tempati. Mereka dicetak untuk menjadi pimpinan bangsa jadi semoga mereka selalu sukses dan mengabdi dengan hati”, pungkas Freddy. ***

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here