Geodipa Sosialisasi Pembukaan Lahan IPPKH Patuha 2

0
149

KAB BANDUNG, Balebandung.com – PT Geo Dipa Energi (Persero) menggelar agenda Pemaparan Publik Pengelolaan Lingkungan dalam Pembukaan Lahan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) Patuha 2, di Patuha Resort Ciwidey, Kabupaten Bandung, Kamis (4/11/21).

Pemaparan publik melibatkan para pemangku kepentingan seperti Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcac), Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, Perum Perhutani KPH Bandung Selatan, serta para pemerhati lingkungan sekitar Ciwidey.

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), Riki Firmandha Ibrahim menyampaikan, saat ini Indonesia telah mengambil langkah serius dalam penanggulan perubahan iklim, guna mendukung pencapaian net zero emission dengan sektor strategis yang menjadi prioritas diantaranya adalah sektor kehutanan serta sektor energi.

Sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan, jelas Riki, GeoDipa secara konsisten melaksanakan misi untuk melakukan pengembangan kapasitas pembangkit listrik dengan memanfaatkan energi panas bumi (geothermal) sebagai sektor energi bersih dan berkelanjutan, yang dalam pengoperasiannya hampir tidak menghasilkan emisi karbon.

“Indonesia diberkahi potensi panas bumi yang melimpah dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia,” kata Riki.

Dengan mengoptimalkan panas bumi sebagai sumber energi baru terbarukan, imbuhnya, GeoDipa turut mendukung komitmen pemerintah dalam mengurangi emisi karbon sesuai dengan Paris Agreement melalui kebijakan Peraturan Presiden tentang Nilai ekonomi Karbon (NEK).”

“Selain itu dalam hal persiapan kegiatan land clearing untuk pengembangan proyek PLTP Patuha 2, langkah pengelolaan lingkungan dalam pembukaan lahan IPPKH Patuha 2 menjadi perhatian khusus GeoDipa dalam menjaga keanekaragaman hayati flora dan fauna agar tetap lestari,” imbuh Riki.

Selain pemaparan rencana pembukaan lahan area IPPKH Patuha 2, disampaikan juga dalam acara ini pemaparan hasil kajian satwa liar, biodiversity awareness/peningkatan kepedulian terhadap keanekaragaman hayati, serta rencana penyelamatan flora di area IPPKH Patuha 2.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka pengembangan dan pembangunan Proyek PLTP Patuha Unit 2, yang akan memulai kegiatan land clearing di kawasan hutan lindung.

Pengembangan dan pembangunan PLTP Patuha Unit 2 telah memperoleh IPPKH melalui keputusan Kepala BKPM No.SK.32/1/KLHK/2021, tanggal 18 Januari 2021 tentang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan untuk Kegiatan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Patuha Unit 2 atas nama PT Geo Dipa Energi (Persero) seluas +2,82 Ha, pada Kawasan Hutan Lindung di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.***

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here