GeoDipa Serahkan Lahan Kompensasi ke KLHK

0
176
Bidang lahan yang dibebaskan GeoDipa.

KAB BANDUNG, Balejar.com – PT Geo Dipa Energi (Persero) memenuhi komitmen penyediaan lahan kompensasi kepada Direktur Jendral Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penyerahan lahan kompensasi yang prosesnya lebih cepat dari waktu yang ditentukan tersebut merupakan bagian dari kewajiban GeoDipa sebagai pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat seluas ±2,82 Ha, yang tertuang dalam keputusan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan nomor SK.32/1/KLHK/2021.

Project General Manager, Project Management Unit GeoDipa, Hefi Hendri menyebut GeoDipa telah melakukan pemenuhan komitmen penyediaan lahan, dan menyerahkan kepada Kementerian LHK sebelum batas waktu yang ditentukan.

“Pada 12 Januari lalu kami serahkan, kami bersyukur karena upaya dalam pemenuhan komitmen tersebut berjalan dengan lancar,” Hefi dalam rilisnya, Jumat (3/2/2023)

Menurutnya, keberhasilan proses penyediaan lahan kompensasi tidak luput dari keterlibatan para pemangku kepentingan di sekitar Wilayah Kerja Pembangunan (WKP) Proyek PLTP Patuha Unit 2.

“Peran mereka sangat membantu, komunikasi dan koordinasi menjadi kunci dari keberhasilan upaya ini,” ungkap Hefi.

Sebagaimana diketahui, dalam IPPKH tersebut, GeoDipa memiliki kewajiban menyediakan lahan kompensasi dengan ratio 1:2. Adapun lahan kompensasi yang telah diserahkan tersebut seluas ± 6 Ha, terletak di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Sementara Kepala Desa Sugihmukti, H. Ruswan Bukhori mengatakan, sebagai pemangku wilayah pihaknya memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh GeoDipa untuk penyediaan lahan kompensasi di Desa Sugihmukti.

“Alhamdulillah, koordinasi selalu dilakukan oleh GeoDipa. Ini bisa juga menjadi pilot project untuk program serupa lainnya. Semoga lahan kompensasi yang saat ini ada di desa kami dapat tetap lestari dan terjaga,” ucap Kades Sugihmukti.

Salah seorang warga penjual lahan Kompensasi, H. Rahmat, menyampaikan apresiasi kepada GeoDipa atas upaya yang ditempuh dalam proses penyediaan lahan kompensasi sejauh ini.

“Terima kasih kepada Geo Dipa, alhamdulillah prosesnya lancar. Hasilnya pun sudah kami manfaatkan,” ujar Rahmat.***

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here