Danrem Tarumanegara Berharap Hadirnya Koramil 2416 Pacet Ciptakan Kondisi Pertahanan Darat yang Kuat

0
64
Danrem 062 Tarumanegara Kol Arh Rudi Ragil saat peresmian Koramil 2416 Pacet, di Desa Cipeujeuh Kec. Pacet Kab. Bandung, Rabu (24/1/24).by bale1

KAB BANDUNG, Balejabar.com – Kodim 0624 Kabupaten Bandung menambah kekuatan baru dengan diresmikannya Markas Komando Rayon Militer (Makoramil) 2416 Pacet, di Jl. Raya Pacet – Majalaya Kp. Pasir Astana RT. 03/RW. 06 Ds. Cipeujeuh Kec. Pacet Kab. Bandung, Rabu (24/1/2024).

Peresmian dilakukan Komandan Korem 062 Tarumanegara Kol Arh Rudi Ragil, turut disaksikan Dandim 0624 Letkol Inf Hamzah Budi Susanto, Bupati Bandung Dadang Supriatna, Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung Wawan Ruswandi.

Danrem 062 Tarumanegara Kol Arh Rudi Ragil mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna beserta segenap warga Kabupaten Bandung. Menurut Danrem, berdirinya Koramil Pacet ini merupakan hasil peran serta dari semua pihak, termasuk DPRD Kabupaten Bandung.

“Mudah-mudahan kebersamaan dan kerjasama yang telah terjalin menjadi spirit untuk meraih kemajuan dan kesejahteraan dan menciptakan kondisi pertahanan darat yang kuat,” ucap Danrem 062.

Danrem menambahkan, dibangunnya juga dalam upaya memenuhi kebutuhan organisasi terkait implementasi strategi pertahanan aspek darat.

“Dengan demikian kehadiran Koramil 2416 ini, selaras dengan penataan organisasi dan Angkatan Darat, karena telah melewati proses pengkajian secara cermat dan seksama, sesuai tantangan tugas ke depan,” jelasnya.

Kol Arh Rudi Ragil mengakui idealnya Kodim 0624 memiliki Koramil di 31 kecamatan, sehingga Koramil hadir di setiap kecamatan di Kabupaten Bandung.

“Tapi nanti akan kita sampaikan mengikuti prosedur pengembangan gelar satuan (Banglarsat) , seperti membuat kajian berdasarkan pandangan Ipoleksosbudhankam (ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan), bagaimana untuk penambahan Koramil ini,” kata Rudi.

Selain itu, kehadiran Koramil 2416 ini merupakan realisasi dari keinginan, harapan dan permintaan dari masyarakat, serta pemerintah daerah yang telah direstui oleh seluruh komponen masyarakat. Selain itu juga sebagai salah satu bukti kepercayaan khususnya masyarakat Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung kepada Kodim 0624 Kabupaten Bandung.

“Sehingga saya tekankan kepada seluruh jajaran Kodim 0624 untuk bekerja dengan baik. Laksanakan tugas secara profesional, memberikan solusi membantu masyarakat. Sekarang musim hujan, kalau ada bencana banjir, segera Anda turun pertama membantu masyarakat,” tandas Danrem.

Sementara Dandim 0624 Kabupaten Bandung Letkol Hamzah Budi Susanto juga menyatakan berdirinya Koramil 2416 Pacet merupakan keinginan masyarakat Pacet.

“Terbukti dengan tanah di mana di atasnya berdiri bangunan Koramil 2416 merupakan tanah milik pribadi masyarakat yang dihibahkan kepada TNI Angkatan Darat. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Haji Uko dan Ibu Hajah Lilis yang sudah menghibahkan tanahnya kepada kami,” ucap Dandim 0624.

Sedangkan Bupati Bandung Dadang Supriatna menyatakan, setelah diresmikannya Koramil 2416 Pacet ini, rencananya akan menyusul di tahun 2024 pendirian dua koramil lagi.

“Insya Allah, tahun ini saya akan menambah dua kantor Koramil lagi, dengan kolaborasi kepala desa, pengusaha, dan masyarakat setempat. Ke depannya kalau bisa satu kantor Koramil di setiap kecamatan,” ucap Bupati Bandung.

Menurut bupati, peran TNI sangat nyata dibutuhkan di tengah masyarakat terutama dalam rangka memberikan keamanan dan perlindungan.

“Kepada yang menjadi wakif, semoga yang mewakafkan tanah ini, dibalas oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan diberikan kemudahan dan tentunya kita juga sama-sama ingin terus berbagi dan memberikan yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara,” ucap Bupati Bedas. ***

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here